Kamis, 09 Oktober 2014

Software Multimedia

Seorang programmer multimedia membutuhkan berbagai macam software mulai dari software untuk mengolah informasi, mengedit foto, video, audio, dan lain sebagainya. Diantara beberapa software tersebut ada yang hanya untuk melihat (view) saja dan ada yang berfungsi untuk editing.

http://www.redorbit.com/media/uploads/2013/06/ComputerNerd_062513-617x416.jpg



Graphic Editor Software ini digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit, maupun memanipulasi sebuah image atau gambar secara interaktif di komputer. Ada banyak sekali software yang dapat digunakan untuk mengedit image.Contoh: Adobe Photoshop, Corel Draw, GIMP, Adobe Illustrator, dll.

Graphic Viewer Software ini digunakan untuk melihat image. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana.Contoh: ACDSee, XNView, Microsoft Picture Manager, dll.

 
Audio/Video EditorSoftware ini berfungsi untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk Audio maupun Video. Software ini mendukung proses-proses seperti pemotongan, penggabungan, dan mengkonversi format audio/video.Contoh: Adobe Premier, Corel Video Editor, MovieMaker, dll.

AnimasiAplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi.Contoh: Macromedia Flash, Houdini Animation Software, dll.

Grafik 3D Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi.Contoh: 3D Studio Max, Blender, dll.

Kurang lebih itulah jenis-jenis software yang dibutuhkan oleh seorang programmer multimedia. Apakah wajib memilikinya? mungkin minimal seorang programmer multimedia wajib memiliki masing-masing satu dari 6 kategori tersebut. Jadi kita ambil contoh dari software video editor, kita mungkin cukup jika memiliki Adobe Premier di komputer kita, namun tidak masalah jika anda membeli Corel Video Editor juga.

sumber : http://multimedia-ais.blogspot.com/2010/10/macam-macam-software-multimedia.html  


TUGAS
Macam - macam software yang dibutuhkan sebagain mahasiswa jurusan multimedia dan harganya 

Adobe Photoshop & Premiere
https://creative.adobe.com/plans?plan=edu

Harga untuk Adobe Photoshop & Premier (termasuk dalam paket lengkap Adobe Creative Clooud), yang merupakan penawaran khusus, masih berkisar pada Rp 193.000,- atau Rp 2.316.000,- per tahun. Harga ini mungkin masih terlalu berat untuk kebanyakan mahasiswa.














3ds Max
3ds Max juga mempunyai penawaran khusus, namu tidak seperti photoshop yang menguarngi harga, 3ds memberikan lisensi gratis untuk 3 tahun. Lisensi 3ds Max sendiri sebenarnya jauh lebih mahal dari photoshop, mencapai puluhan juta.

GameMaker
GameMaker tersedia dalam 3 pilihan : Standard, Professional dan Master Collection. Pilihan standard sendiri tidak dikenai biaya dan dapat di download secara gratis walau tentu memiliki beberapa batasan.

Microsoft Office
Untuk tugas - tugas umum, microsoft office akan diperlukan sebagai editor teks. Harga yang ditawarkan, untuk Office Home & Students 2013, adalah $139 atau sekitar Rp 1.670.000,-. Sementara ada pula pilihan alternatif seperti Open Office yang merupakan freeware.

Ada banyak program - program yang dibutuhkan, beberapa memberikan penawaran khusus untuk mahasiswa, mulai dari potongan harga hingga lisensi gratis sementara. Bila kita sudah memiliki penghasilan dan menggunakan program - program diatas sebagain profesional, ada baiknya kita membeli lisensi legal, namun sebagain mahasiswa, mungkin harga - harga diatas masih terasa berat.





Minggu, 28 September 2014

Interaksi Manusia dan Komputer

(google.co.id)


        Hanya dalam beberapa tahun belakangan ini, teknologi berkembang pesat. Teknologi menjadi teman dalam keseharian kita, bahkan menjadi benda – benda yang tak bisa dilupakan. Karena itu, interaksi manusia dengan komputer (IMK) pun meningkat. Interaksi antara manusia dengan komputer sendiri terjadi dimana – mana, entah kita sadari ataupun tidak.
Contoh yang sederhana adalah dengan menggunakan handphone. Kita memberikan input untuk mengoperasikannya dan handphone akan memberikan output melalui layar. Dalam hal ini, antarmuka pengguna (user interface) sangat membantu dalam pengoperasian komputer. Antarmuka pengguna membantu user untuk menjalankan komputer agar mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan. Antarmuka pengguna haruslah efektif, efisien dan memuaskan penggunanya.
Dengan adanya antarmuka pengguna, orang – orang yang tidak mempunyai ilmu khusus tentang komputer pun dapat dengan mudah mengoperasikannya, mulai dari anak kecil hingga orang tua.
Prinsip penting dalam IMK adalah visibility and affordance. Visibility berarti kontrol dan nagivasi haruslah jelas. Affordance berarti desain harus mendukung fungsionalitasnya juga.
IMK penting untuk dipelajari karena memberikan banyak keuntungan, antara lain untuk meningkatkan produktivitas, menguarngi biaya pengembangan IMK, dan meningkatkan kegunaan program yang dirancang. Antarmuka pengguna yang baik dapat memudahkan pengguna agar dapat menggunakan program dengan mudah dan efisien. IMK yang baik terpusat pada pengguna, makan melibatkan pengguna sebanyak mungkin akan sangat membantu. IMK juga menggabungkan pengetahuan dari berbagai ilmu, psikologi misalnya. Desain juga harus sesuai dengan kebutuhan pengguna. Maka dari itu, mempelajari IMK sangatlah penting. Tidak hanya untuk memudahkan pengguna, tapi juga desainer sendiri.


Contoh IMK pada program.


J

Selasa, 23 September 2014

Teks + I Hate You, Comic Sans!


APA ITU TEKS?
Teks adalah simbol – simbol tertulis yang mempunyai arti tertentu. Kata “teks” sendiri berasal dari kata latin “textum” yang berarti kain, walaupun masih banyak dugaan lain dan masih belum jelas dari manakah asal kata “teks” sebenarnya.
(commons.wikimedia.org)



Contoh teks yang paling awal ditemukan adalah pahatan – pahatan di dinding gua. Simbol – simbol yang terpahat menggambarkan sesuatu yang kemudia membentuk kata – kata. Ini mirip dengan penggunaan alfabet atau bentuk penulisan lain yang juga merupakan simbol untuk membentuk kata yang mempunyai arti. Teks juga merupakan bagian vital dari kehidupan sehari – hari untuk kita semua, tidak terkecuali dalam penggunaan benda - benda multimedia. Teks sangat penting untuk membantu dalam sistem navigasi dan juga penunjuk konten.


Senin, 22 September 2014

Gambar dan Jenisnya

Apa sih yang dimaksud dengan Image/Gambar itu? 





Gambar adalah suatu perpaduan titik, garis, bidang,dan warna yang dikomposisikan untuk mencitrakan sesuatu, menunjukkan rekaman visual. Contohnya adalah foto. Gambar terdapat dua jenis yaitu gambar diam (still image) dan gambar bergerak (moving image). Contoh dari gambar diam seperti foto dan lukisan sedangkan contoh dari gambar bergerak seperti animasi dan video.


Kamis, 18 September 2014

Pendahuluan

Apa itu Multimedia?
Menurut wikipedia.comIstilah multimedia pertama kali di kenal pada dunia teater, yang mempertunjukan pagelaran dengan menggunakan gerak, musik, dan video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara, TV, dan animasi sehingga menjadi suatu karya yang dapat dinikmati secara audio visual. Menurut Robert Webking , multimedia secara “etimologi “ di artikan sebagai, “multi“ (banyak) “medium“ (prantara media). Dalam bidang informasi multi media memiliki makna yaitu “persekutuan media“ diantara sumber dan pemasukan informasi atau “persekutuan alat“ dengan mana informasi di simpan, ditransmisikan, dipresentasikan dan diterima (webking.2001: www.alltheweb.com) Munter (1982) menulis bahwa, “alat bantu media dapat memberikan sumbangan yang sangat besar dalam menambah minat, variasi, dampak serta kemampuan mengingat lebih lama dibandingkan dengan kata-kata.


Pengantar Teknologi Telematika UBAYA 2014-2015