Kamis, 27 November 2014

Animation

Animation

Animasi berarti proses pemberian gerak pada suatu benda yang diam. Secara etimologi, animasi berasal dari kata Latin ‘animatio’ (animo = “memberi kehidupan”,  -tio = ‘melakukan’) yang berarti “pemberian kehidupan”.
Animasi yang dimaksud di sini berarti proses pembuatan gambar yang bisa bergerak dengan menampilkan gambar-gambar diam secara beriringan dan menciptakan ilusi gambar yang bergerak.

Sejarah Animasi

Manusia sudah menggambarkan gerak  sejak jaman paleolitik yang bisa dilihat dari lukisan-lukisan dalam gua yang menunjukkan hewan-hewan yang berbentuk sama tetapi memiliki posisi kaki yang berbeda secara beriringan. Contoh yang sama dapat dilihat dalam lukisan dan relief pada piramida atau candi-candi.
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_animation

Pada abad 19, diciptakan banyak alat yang bisa menampilkan kesan gambar bergerak dan berfungsi sebagai mainan saja. Contohnya adalah sebuah flipbook. Tidak sampai awal abad 20 animasi tradisional pertama kali dibuat. Tahun 1908, seniman Emile Cohl membuat film animasi pertama di dunia berjudul Fantasmagorie menggunakan teknik yang mendasari pembuatan animasi tradisional berikutnya. Film tersebut dibuat dengan menggambar dalam kertas dan menjepret tiap frame.
Film bersuara dan berwarna dipelopori pertama kali oleh Walt Disney. Steamboat Willie yang bertokoh utama Mickey Mouse menjadi sukses besar pertama Studio Animasi Disney. Animasi semakin lama beriringan dengan industri perfilman. Snow White and the Seven Dwarves menjadi film komersil pertama yang sepenuhnya dianimasi secara tradisional.
http://en.wikipedia.org/wiki/Mickey_Mouse

Menuju abad 21, animasi dengan komputer semakin berkembang dan dipelopori oleh Toy Story (1995) oleh Pixar. Film tersebut dianimasi sepenuhnya dengan komputer. Sekarang film animasi menjadi bagian penting dalam industri perfilman.
Film poster showing Woody anxiously holding onto Buzz Lightyear as he flies in Andy's room. Below them sitting on a bed are various smiling toys watching the pair, including Mr. Potato Head, Hamm, and Rex. In the lower right center of the image is the film's title. The background shows the cloud wallpaper featured in the bedroom.
http://en.wikipedia.org/wiki/Toy_Story

12 Prinsip Animasi Disney

http://en.wikipedia.org/wiki/12_basic_principles_of_animation

Tahun 1981, dua animator Disney Ollie Johnston dan Frank Thomas merilis buku berjudul The Illusion of Life: Disney Animation yang mengandung 12 Prinsip Animasi Disney dan menjadi panduan penting bagi animasi hingga sekarang sebagai berikut :
1.       Squash and Stretch
Pemberian perasaan massa dan fleksibilitas pada suatu benda. Contohnya bola karet yang jatuh akan terlihat lebih pipih saat jatuh ke lantai dan kembali membundar saat naik lagi.
2.       Anticipation
Membuat penonton tahu apa yang akan terjadi berikutnya supaya lebih realistis. Contohnya seorang karakter mengankat kaki dengan tinggi untuk bersiap-siap lari.
3.       Staging
Menampilkan dengan jelas hal-hal penting dalam sebuah adegan seperti gerakan, kepribadian, suasana, dst.
4.       Straight Ahead Action and Pose to Pose
Straight Ahead Action berarti menggambarkan frame yang sama hingga awal sampai akhir. Pose to Pose adalah teknik membuat frame utama (key frame) terdahulu dan menggambarkan interval perubahan antar key frame setelahnya (in between frame).
5.       Follow Through and Overlapping Action
"Things don't come to a stop all at once guys; first there's one part and then another"
Memberi perasaan gerak yang mengikuti hukum fisika. Contohnya, sebuah karakter yang diam masih memiliki bagian tubuh yang masih bergerak (telinga, rambut) tetapi pada karakter yang bergerak belum tentu seluruh bagian tubuhnya bergerak dengan kecepatan sama.
6.       Slow In and Slow Out
Gerakan lebih realistis jika ada perubahan percepatan. Utamakan banyak frame pada awal dan akhir sebuah gerakan dan sedikit di tengah.
7.       Arc
Gerakan harus mengikuti jalur yang realistis.
8.       Secondary Action
Memberi aksi sekunder yang membantu aksi utama. Contohnya, pada kuda yang berlari rambut dan ekornya juga terlihat bergerak.
9.       Timing
Jumlah frame yang dibutuhkan untuk mendefinisikan kecepatan suatu gerakan.
10.   Exaggeration
Tindakan membesar-besarkan suatu aksi sehingga tampak lebih menarik bagi penonton.
11.   Solid Drawing
Menggunakan prinsip-prinsip volum, anatomi, nirmana agar gambar animasi terlihat serealistis mungkin.
12.   Appeal
Membuat karakter yang mampu menarik perhatian penonton.


Metode - Metode Animasi

- Animasi Tradisional (Animasi Cel/Animasi Gambar Tangan)
Teknik animasi dengan menggambar tiap frame gambar berbeda dengan tangan. Tiap gambar akan ditracing pada kertas cel yang menampung beberapa komposisi animasi seperti warna, bayangan, background, dst. 

 -   Animasi Stop Motion
Teknik Animasi dimana tiap frame dibuat melalui manipulasi objek-objek nyata dan difoto. Objek yang digunakan berupa patung boneka, tanah liat (claymation), dll.

-    Animasi Komputer
Teknik animasi yang memanfaatkan komputer agar memudahkan proses.

0 comments:

Posting Komentar

Pengantar Teknologi Telematika UBAYA 2014-2015